IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGELOLA DANA KAS KECIL SISWA KELAS XI AP1 SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013

Prabowo Andi Bayu, Andi (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGELOLA DANA KAS KECIL SISWA KELAS XI AP1 SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi andi bayu p 09403244004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGELOLA DANA KAS KECIL SISWA KELAS XI AP1 SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : ANDI BAYU PRABOWO 09403244004 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Perhatian Siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Mengelola Dana Kas Kecil siswa kelas XI AP1 SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Head Together (NHT). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, catatan lapangan dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dihitung dengan membagi skor yang diperoleh dari hasil perhatian siswa dengan skor maksimum yang diharapkan kemudian di persentasekan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan Perhatian Siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Mengelola Dana Kas Kecil siswa kelas XI AP1 SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor rata-rata perhatian siswa sebesar 21,37% sejak diterapkannya model pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada siklus I dan meningkat ketika model pembelajaran tersebut diterapkan pada siklus II. Skor perhatian siswa pada siklus I menunjukkan skor rata-rata Perhatian Siswa sebesar 71,96% dan meningkat pada siklus II yang menunjukkan skor rata-rata Perhatian Siswa sebesar 93,33%. Peningkatan pada masing-masing indikatornya yaitu pada indikator Siswa tidak mudah terganggu jika terjadi kejadian di luar kegiatan pembelajaran pada siklus I hanya mencapai skor 54,46% dan pada siklus II mencapai skor 86,90%. Pada indikator Siswa cepat beradaptasi dengan model pembelajaran baru yang diterapkan oleh guru pada siklus I mencapai skor 64,29% dan pada siklus II mencapai skor 100%. Untuk indikator yang ketiga yaitu Siswa fokus pada satu tugas dan tidak mengerjakan tugas yang lain pada siklus I mencapai skor 81,25% dan pada siklus II menjadi 94,05%. Pada indikator Siswa menjaga ketenangan selama diberi pengarahan oleh guru pada siklus I mencapai skor 79,46% dan pada siklus II mencapai skor 96,43%. Indikator yang terakhir yaitu Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru pada siklus I mencapai 80,36% menjadi 89,29% pada siklus II. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan Perhatian Siswa sebesar 9,22% dari hasil angket siklus I sebesar 76,49% dan terjadi peningkatan hasil angket pada siklus II menjadi sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan Perhatian Siswa. Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Perhatian Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item View Item