PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY OFFICE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Sari Fitria Indah, Indah (2014) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY OFFICE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Ensiklopedia Daily Office sebagai media pembelajaran bagi peserta didik SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) mengetahui kelayakan Ensiklopedia Daily Office dilihat dari empat aspek yaitu komponen kelayakan isi, komponen penyajian,komponen kebahasaan dan komponen kegrafikan.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang mengadaptasi model Borg & Gall. Adapun tahapan yang dilalui adalah: (1) tahap analisis kebutuhan; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pembuatan produk awal; (4) tahap validasi dan penilaian; dan (5) produk akhir. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari lembar kuisioner kemudian dianalisis. Selanjutnya,dikonversikan ke data kualitatif dengan menggunakan skala Likert.Berdasarkan hasil penelitian pengembangan Ensiklopedia Daily Office layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Hal ini dibuktikan dengan penilaian ahli materi pada komponen kelayakan isi mendapat rerata skor 4,7 dari skor maksimal 5 masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan komponen kelayakan penyajian mendapat rerata skor 5 dari skor maksimal 5 masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Apabila dijumlahkan penilaian dari ahli materi secara keseluruhan memperoleh rerata skor 4,85 dari skor maksimal 5 masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan ahli media memberikan penilaian pada komponen kebahasaan mendapat rerata skor 4 dari skor maksimal 5 masuk dalam kategori “Layak” dan komponen kegrafikan mendapat rerata skor 4,6 dari skor maksimal 5 masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Apabila dijumlahkan penilaian dari ahli media secara keseluruhan memperoleh rerata skor 4,3 dari skor maksimal 5 masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian peserta didik pada uji coba produk mendapatkan rerata skor 4,3 dari skor maksimal 5 masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kata Kunci: Ensiklopedia Daily Office, Media Pembelajaran, Pengembangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17797

Actions (login required)

View Item View Item