PELAKSNANAAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM PENGAJARAN MIKRO TAHUN 2013

Widihastuti Ening, Ening (2014) PELAKSNANAAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM PENGAJARAN MIKRO TAHUN 2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Ening Widihastuti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab keterampilan mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dalam pengajaran mikro tahun 2013 belum optimal.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu dosen koordinator pengajaran mikro sedangkan informan pendukung adalah dosen pembimbing pengajaran mikro dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang mengikuti mata kuliah pengajaran mikro sebanyak 14 mahasiswa. Pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran dalam pengajaran mikro tahun 2013 belum dapat dilaksanakan secara optimal disebabkan oleh: (1) masih ada mahasiswa yang belum dapat memberikan motivasi peserta didik, karena tidak mengetahui cara memberikan motivasi. Masih ada mahasiswa yang belum dapat memberikan apersepsi. Kegiatan apersepsi seringkali disalahartikan menjadi kegiatan yang berbeda; (2) Masih ada mahasiswa yang belum dapat menguasai materi; (3) Media yang digunakan oleh mahasiswa belum dapat memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam belajar; (4) Metode yang diterapkan oleh mahasiswa kurang menarik dan kurang dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik; (5) Mahasiswa jarang melakukan peninjauan kembali terhadap materi yang telah disampaikan. Selain itu sedikit mahasiswa yang memberikan evaluasi ketika menutup pelajaran. Tugas yang diberikan oleh mahasiswa juga kurang signifikan dengan materi yang disampaikan. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Pengajaran Mikro.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17788

Actions (login required)

View Item View Item