PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Khasanah Neni Uswatun, Neni (2014) PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NENI USWATUN KHASANAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh Metode Mengajar Guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta; (2) besarnya pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta; (3) besarnya pengaruh metode mengajar guru dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian ex-post factodengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah 64 siswa. Uji coba instrument penelitian dilakukan terhadap 31 siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta yang tidak menjadi bagian dari subyek penelitian.Pertimbangan memilih tempat uji instrument ini adalah karena terdapat kesamaan karakteristik dengan subjek penelitian, kesamaannya yaitu sama-sama program keahlian Administrasi Perkantoran dan mempunyai akreditasi A. Pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil peneltian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,793, r2 x1ysebesar 0,628 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 10,240>1,980; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai rx2y sebesar 0,748, r2 x1ysebesar 0,556 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 8,867>1,980; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Metode Mengajar Guru dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,852, R2 y(1,2) sebesar 0,726 dan nilai Fhtung lebih besar dari Ftabel sebesar 80,698>3,15. Kata Kunci: Metode Mengajar, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17785

Actions (login required)

View Item View Item