UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKNIK MOZAIK KELOMPOK B1 DI TK PERTIWI 57 BANGUNHARJO SEWON BANTUL.

Maryani, Umi (2012) UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKNIK MOZAIK KELOMPOK B1 DI TK PERTIWI 57 BANGUNHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
UMI M.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak kelompok B1 TK Pertiwi 57 Bangunharjo Sewon Bantul melalui menempel gambar dengan teknik mozaik. Pengembangan motorik halus anak difokuskan pada kecermatan dan kemandirian anak dalam menempel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 berjumlah 30 anak terdiri dari 13 putra dan 17 putri. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik halus anak dapat meningkat dengan teknik mozaik. Hasil peningkatan motorik halus melalui teknik mozaik dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada kecermatan dan kemandirian anak, dalam menempel gambar dengan teknik mozaik. Keadaan awal sebelum adanya penelitian dari 30 anak yang kategori sudah cermat baru 8 anak, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 naik menjadi 18 anak, kemudian meningkat pada siklus kedua menjadi 25 anak, untuk tingkat kemandirian pada keadaan awal sebelum adanya penelitian baru 4 anak, setelah ada tindakan pada siklus 1 naik menjadi 18 anak dan pada siklus kedua meningkat menjadi 27 anak. Kata Kunci: motorik halus, teknik mozaik, TK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 14:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item