PENGARUH INVENTORY TURNOVER, RETURN ON ASSET, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 - 2013

Wibisono, Prasetya (2015) PENGARUH INVENTORY TURNOVER, RETURN ON ASSET, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 - 2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_PRASETYA WIBISONO_10404241024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh inventory turnover terhadap return saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia; (2) pengaruh return on asset terhadap return saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia; (3) pengaruh debt to equity ratio terhadap return saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia; (4) pengaruh inventory turnover, return on asset, dan debt to equity ratio terhadap return saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sektor miscellaneous dan consumer goods industry yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2013. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, hingga diperoleh 66 sampel perusahaan dari populasi 77 perusahaan. Berdasarkan ketersediaan data, jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan regresi data panel sebagai metode analisanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) inventory turnover (ITO) memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap return saham. (2) return on asset (ROA) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. (3) debt to equity ratio (DER) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. Sedangkan secara simultan ITO, ROA, dan DER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,483 atau 48,3 % dapat diartikan bahwa 48,3 % return saham dipengaruhi oleh ITO, ROA, dan DER, sedangkan sisanya sebesar 51,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Makro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:29
Last Modified: 29 Jan 2019 21:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17764

Actions (login required)

View Item View Item