PEMAHAMAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SLEMAN

Rahmah, Citra Nindya (2014) PEMAHAMAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Citra Nindya Rahmah 10207244001.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru-guru seni budaya SMP Negeri Sleman tentang kurikulum 2013, kesiapan guru dalam pembelajaran, implementasi di dalam kelas dan arah pengembangan pembelajaran. Penelitian terhadap pemahaman guru seni budaya ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah guru seni budaya (seni rupa) SMP Negeri Sleman yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi. Kemudian data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dan diklasifikasikan dengan melakukan penyajian data, reduksi data, dan pada akhirnya ditarik kesimpulan daridata tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kurangnya sosialisasi yang di dapat oleh guru menjadikan guru SMP Negeri Sleman belum sepenuhnya memahami konsep kurikulum 2013, yang dikuasai sebatas materi yang terdapat pada kurikulum 2013, mengetahui kurikulum 2013 adalah kurikulum yang mengutamakan kompetensi peserta didik, kurikulum yang menuntut peserta didik untuk belajar mandiri dan menggunakan acuan silabus dan RPP dalam proses pembelajaran. (2) Kesiapan yang dipersiapan guru seni budaya SMP Negeri Sleman untuk memulai pembelajaran sudah sesuai dengan menggunakan acuan silabus dan RPP walaupun belum maksimal. Seperti menyiapakan materi, metode dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. (3) Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran seni budaya SMP Negeri Sleman baru diterapkan pada kelas VII (Tujuh). Kesulitan yang dihadapi adalah pada sistem kurikulum 2013, di mana penilaian pada kurikulum terdahulu hanya menilai hasil sedangkan pada kurikkulum 2013 menuju penilaian otentik. (4) Arah pengembangan pembelajaran seni budaya (seni rupa) di SMP Negeri Sleman tergantung pada kemampuan guru dari masing-masing sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemahaman guru, pembelajaran seni budaya, kurikulum 2013
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 29 Apr 2015 03:22
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17763

Actions (login required)

View Item View Item