HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS OLAHRAGA SMP NEGERI 4 PURBALINGGA

Dyah Ardhini, Dyah Ardhini (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS OLAHRAGA SMP NEGERI 4 PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SUKSES.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi berprestasi dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas olahraga SMP Negeri 4 Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas olahraga SMP Negeri 4 Purbalingga yang berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitiannya adalah angket untuk mengetahui motivasi berprestasi dan kepercayaan diri serta buku raport ntuk mengetahui prestasi belajar. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05, dan nilai rxy (0,442) > (0,279) rtabel (0,05)(51). Ada hubungan yang tidak signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi yang diperoleh lebih besar dari 0,05, dan nilai rxy (0,015) < (0,279) rtabel (0,05)(51). Ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa dengan singnifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dan nilai Fhitung (6,131) > (3,18) Ftabel (0,05)(51). Kedua variabel bebas tersebut bersama-sama mempengaruhi variabel terikat sebesar 20%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17750

Actions (login required)

View Item View Item