PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BUKU PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ABA SURYOCONDRO YOGYAKARTA

Supiyah, Supiyah (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BUKU PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ABA SURYOCONDRO YOGYAKARTA. S1 thesis, PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

[img]
Preview
Text
SUPIYAH.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat keberhasilan kemampuan anak dalam memahami isi cerita di kelompok B Taman Kanak-kanak Suryocondro di Yogyakarta. 2) Keberhasilan penggunaan metode bercerita dengan buku di kelompok B TK ABA Suryocondro di Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Suryocondro Yogakarta yang berjumlah 23 anak. Obyek penelitian ini berupa kemampuan anak dalam memahami isi cerita. Desain penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan 2 siklus.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung atau observasi. Analisis data yang dilakukan dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pencapaian hasil peningkatan kemampuan memahami isi cerita melalui metode bercerita dengan buku diperoleh data sebagai berikut: dari hasil pengamatan di atas diketahui mengenai peningkatan data dari siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan pada setiap aspek penilaian. Pada aspek penilaian anak mampu menyebutkan judul cerita ,dari 52,2% atau 12 anak, meningkat menjadi 86,9%, atau 20 anak, jadi ada peningkatan sebesar 34,7%, atau 8 anak. Pada aspek penilaian anak mampu menyebutkan tokoh cerita, dari 47,8% atau 11 anak, meningkat menjadi 80,4% atau 18 anak, jadi ada peningkan sebesar 32,6% atau 7 anak. Pada aspek penilaian anak mampu menjelaskan alur cerita, dari 58,7% 13 anak, meningkat menjadi 84,7% atau 19 anak, jadi ada peningkatan sebesar 26% atau 6 anak. Pada aspek penilaian anak mampu menceritakan kembali cerita, dari 41,3% atau 9 anak, meningkat menjadi 84,8% atau 19 anak, jadi ada peningkatan sebesar 43,5% 10 anak. Berdasarkan peningkatan perolehan data dari siklus I dan siklus II, diperoleh peningkatan kemampuan memahami isi cerita sejumlah 19 anak atau 84% dari 23 jumlah anak. Dari perolehan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita dengan buku sebagai bahan pembelajaran anak di kelompok B TK ABA Suryocondro dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap isi cerita. Kata kunci: kemampuan memahami, isi cerita, metode bercerita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 14:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item