PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Budikusuma Arif, Arif (2013) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIF BUDIKUSUMA 08403241009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013, (2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013, (3) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Magelang tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 82 siswa, dan diambil sampel populasi sebanyak 82 siswa, maka dari itu penelitian ini adalah penelitian Populasi. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Siswa, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar Akuntansi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Magelang. Pengujian instrumen dilakukan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi: linieritas dan multikolinieritas dan heteroskedastisitas Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan rx1y = 0,512; r2x1y = 0,262; dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 5,326 > 1,990 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan rx2y = 0,479; r2x2y = 0,230; dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 4,884 > 1,990 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan Ry(1,2) = 0,604; R2y(1,2) = 0,364; dan Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 22,646 > 3,110 pada taraf signifikansi 5%. Persamaan garis regresi Y = 0,232X1 + 0,166X2 + 53,256.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17738

Actions (login required)

View Item View Item