Kesulitan-Kesulitan Guru Sejarah dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran di SMA Negeri 1 Gamping Sleman Yogyakarta

Novianti, Wina Kyky (2015) Kesulitan-Kesulitan Guru Sejarah dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran di SMA Negeri 1 Gamping Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11406241005 Wina Kyky Novianti.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini terletak pada pentingnya guru membuat perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru sejarah dalam mengembangkan perangkat pembelajaran di SMA Negeri 1 Gamping, 2) mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru sejarah di dalam mengembangkan perangkat pembelajaran di SMA Negeri 1 Gamping, 3) mengetahui dampak dari kesulitan guru sejarah didalam mengembangkan perangkat pembelajaran di SMA Negeri 1 Gamping. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini, dilakukan di SMA Negeri 1 Gamping. Proses pengambilan data melalui observasi, wawancara mendasar sekaligus wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrument penelitian ini terdiri dari kendali observasi, kendali wawancara, dan kendali dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis dalam penelitian ini model interaktif menurut Miles Da Huberman terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan 1) kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru sejarah dalam mengembangkan perangkat pembelajaran di SMA Negeri 1 Gamping sebagai berikut: penyusunan Program Tahunan dan Program Semester guru sulit menentukan minggu efektif dan hari efektif, pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru sulit karena keterbatasan sarana prasarana yang ada di sekolah, keterbatasan sumber belajar, keterbatasan media serta sulit menilai sikap siswa 2) usaha-usaha yang dilakukan guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran yaitu informasi yang didapat bisa melalui MGMP (Musyawarah Guru Matapelajaran) baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Sekolah, pelatihan atau workshop, berdialog dengan guru-guru sejarah dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten, 3) dampak dari kesulitan guru didalam pengembangan perangkat pembelajaran yaitu kurang adanya kesiapan guru dalam penyampaian materi, tujuan pembelajaran tidak optimal, siswa kurang memahami materi pelajaran, serta hasil rata-rata yang diperoleh siswa tidak maksimal. Kata kunci: Kesulitan Guru, Usaha guru, Dampak, Perangkat Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 29 Apr 2015 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 21:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item View Item