IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Wardhana Ardy Pratama Putra, Putra (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ardy Pratama Putra Wardhana - 09403244001 .pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2012/2013 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi dari sebelum Implementasi Teknik Team Accelerated Instruction (TAI) sebesar 63,15% meningkat sebesar 16,41% menjadi 79,56% di siklus 1. Selanjutnya dari siklus 1 ke siklus 2 juga diperoleh skor sebesar 84,90% atau terjadi peningkatan sebesar 5,34%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa dari skor siklus 1 sebesar 77,60% meningkat sebesar 4,29%, sehingga diperoleh skor siklus 2 sebesar 81,89%. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, TAI, Motivasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17730

Actions (login required)

View Item View Item