PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (KOPMA UNY)

SitiZa'imatun, Nisa (2015) PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (KOPMA UNY). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi siti zaimatun nisa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota Kopma UNY, 2) pengaruh motivasi anggota terhadap partisipasi anggota Kopma UNY, dan 3) pengaruh pendidikan perkoperasian dan motivasi anggota secara bersama-sama terhadap partisipasi anggota Kopma UNY. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi anggota biasa Kopma UNY yang berjumlah 3.765. Jumlah sampel adalah 98 orang anggota Kopma UNY yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota Kopma UNY dibuktikan dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,481, nilai t sbesar 6,597 pada signifikansi 0,000; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi anggota terhadap partisipasi anggota Kopma UNY dibuktikan dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,692, nilai t sebesar 5,018 pada signifikansi 0,000; serta 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan perkoperasian dan motivasi anggota secara bersama-sama terhadap partisipasi anggota Kopma UNY, dibuktikan dengan nilai R yang positif sebesar 0,764 dan nilai R² 0,584, selain itu dihasilkan nilai F sebesar 66,555 pada signifikansi 0,000. Sumbangan efektif variabel pendidikan perkoperasian sebesar 34,5% dan motivasi anggota sebesar 23,9% terhadap partisipasi anggota Kopma UNY. Sumbangan relatif pendidikan perkoperasian sebesar 59% dan motivasi anggota 41% terhadap partisipasi anggota Kopma UNY. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pendidikan perkoperasian memiliki pengaruh lebih besar terhadap partisipasi anggota dibandingkan dengan variabel motivasi anggota.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:29
Last Modified: 29 Jan 2019 21:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item