PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009–2011

Kurniawati Fajar Ari, Ari (2013) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009–2011. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (56MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi empiris terhadap praktik luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan yang termasuk dalam pertambangan di BEI. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh profitabilitas perusahaan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Desain penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal (hubungan sebab akibat). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011 yang berjumlah 11 perusahaan. Penarikan sampel dilakukan melalui purposive sampling dan diperoleh sebanyak 11 perusahaan. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa profitabilitas perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai koefisien sebesar 0,888 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Leverage dengan koefisien sebesar -0,87 dan nilai signifikansi sebesar 0,638 > 0,05 berarti variabel ini berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Ukuran perusahaan dengan koefisien sebesar 0,017 dan nilai signifikansi sebesar 0,287 > 0,05 berarti variabel ini berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Secara simultan menunjukkan variabel profitabilitas perusahaan, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang ditunjukkan oleh nilai F sebesar 12,459 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil analisis regresi menghasilkan Adjusted R2 sebesar 0,563, hal ini berarti pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel profitabilitas perusahaan, leverage, dan ukuran perusahaan sebesar 5,6% sedangkan sisanya sebesar (100% - 5,6% = 94,4%) dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model ini. Persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini dirumuskan: luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan = -0,869 + 1,241Profitabilitas -0,062Leverage + 0,047Luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas perusahaan, leverage, dan ukuran perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Apr 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17701

Actions (login required)

View Item View Item