PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR DI KELOMPOK A TK ABA BOGORAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Nurjanah, Nurjanah (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR DI KELOMPOK A TK ABA BOGORAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
NURJANAH.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan gambar di kelompok A TK ABA Bogoran Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif dengan desain penelitian Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah 28 anak didik yaitu 13 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan gambar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi pada proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil observasi anak didik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila jumlah anak yang memperoleh skor antara 19-27 dengan kriteria baik mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan gambar mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak didik kelompok A TK ABA Bogoran sebesar 49,7%. Anak didik sebelum diberi tindakan yang memperoleh skor antara 19-27 (kriteria baik) sebesar 35,7%, setelah diberi tindakan melalui metode bercerita dengan gambar pada siklus I anak didik yang memperoleh skor antara 19-27 (kriteria baik) rata-rata 67,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,4%. Kata kunci: kemampuan berbicara , metode bercerita dengan gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item