PENGARUH MANAJEMEN ASET DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011)

WD YOGA SUBRATA, Yoga (2013) PENGARUH MANAJEMEN ASET DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
3. Skripsi Full.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Manajemen Aset; (2) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan; dan (3) Manajemen Aset dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) secara bersama-sama, terhadap Profitabilitas perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2008-2011. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Perusahaan dipilih sebagai sampel jika tercatat dalam Indeks Papan Utama di BEI, menghasilkan laba, dan melaporkan pelaksanaan TJSL. Data diperoleh dari laporan tahunan dan laporan TJSL perusahaan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Sebelum melakukan analisis regresi, dilakukan uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi,dan heteroskedastisitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Aset yang diukur dengan TATO berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 3,785 dan nilai t-hitung sebesar 3,555 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001, (2) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Profitabilitas. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,320 dan nilai t-hitung sebesar 1,323 dengan nilai signifikansi sebesar 0,196, dan (3) Manajemen Aset dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas.Hal ini ditunjukkan dengan nilai F-hitung sebesar 7,182 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Kata Kunci: Manajemen Aset, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Profitabilitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Apr 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17699

Actions (login required)

View Item View Item