UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013

Christiawan Partomo Adi, Adi (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan Hasil Belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sudent Teams Achievement Division (STAD) kelas XI IPS 4 SMAN 1 Pengasih tahun ajaran 2012/2013 dan mengetahui respon siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sudent Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar kognitif, lembar observasi hasil belajar afektif sikap dan hasil belajar psikomotor, angket, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah nilai tes hasil belajar kognitif, skor hasil belajar afektif dan psikomotor, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XI IPS 4 SMAN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Sebelum penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), jumlah siswa yang memenuhi KKM adalah 30%. Pada siklus I, siswa yang memenuhi KKM sebanyak 35%, pada siklus II sebanyak 95%, Peningkatan nilai rata-rata kelas hasil belajar kognitif melalui pretest dan post-test pada siklus I sebesar 14,28%, siklus II sebesar 14,55%, Peningkatan hasil belajar afektif kriteria sikap dari siklus I ke siklus II sebesar 35%, Hasil belajar afektif kriteria minat dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15%, Hasil belajar psikomotor dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10% Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Apr 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17698

Actions (login required)

View Item View Item