Fahmi Jatu Arifa, Jatu (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD) Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Jetis Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Jetis Bantul Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif dan angket, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi Kektifan Belajar, angket respon siswa dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan, serta analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang terdiri dari penilaian Keaktifan Belajar Siswa dan respon siswa terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan Kekatifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Indikator memperhatikan penjelasan guru mengalami peningkatan 7,89%. Indikator mencatat atau merangkum materi pelajaran mengalami peningkatan 25,72%. Indikator bertanya kepada guru atau teman mengalami peningkatan 85,01%. Indikator menjawab pertanyaan dari guru atau teman mengalami peningkatan 41,67%. Indikator berdiskusi bersama anggota kelompok dalam memecahkan permasalahan mengalami peningkatan 16,67%. Indikator membantu sesama anggota kelompok dalam memahami materi pelajaran mengalami peningkatan 40,01%. Indikator mengerjakan tugas yang diberikan guru mengalami peningkatan 20,59%. Indikator mengerjakan kuis secara individu mengalami peningkatan 76,02%. Respon siswa terhadap pembelajaran STAD adalah positif, terbukti dari hasil angket dengan indikator interaksi dan kerja sama antar siswa, tanggung jawab belajar, keterampilan sosial, pemahaman dan kemampuan belajar, serta keaktifan belajar menunjukkan skor rata-rata 87,72%. Kata kunci : Keaktifan Belajar, STAD, Akuntansi, SMA Negeri 1 Jetis Bantul
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 00:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |