PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Wijayanti Yuni, Yuni (2013) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Yuni Wijayanti.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, (2) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, (3) Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten yang berjumlah 141 siswa. Sampel penelitian ini adalah 100 siswa sedangkan uji coba instrumen penelitian sebanyak 41 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten yang tidak menjadi bagian dari sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga.Hasil penelitian ini adalah (1) Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,777,r2 x1y sebesar 0,604 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 12,216> 1,985, persamaan garis regresi Y= 1,211X1 + 5,233 (2) Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru berpengaruh positif dan siginfikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai rx2y sebesar 0,492 r2 x2y sebesar 0,242 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 5,590 > 1,985, persamaan garis regresi Y= 0,736X2 + 25,480 (3) Minat Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilainilai Ry(1,2) sebesar 0,794, R2 y(1,2) sebesar 0,631 dan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel sebesar 82,992 > 3,09,persamaan garis regresi Y = 1,084X1 + 0,277X2 - 3,538. Kata kunci : Minat Belajar, Persepsi Siswa, dan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Apr 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17687

Actions (login required)

View Item View Item