PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011)

Putri Giovanni Anniza, Putri (2013) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_GIOVANNI ANIZZA PUTRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility yang terdiri dari pengungkapan CSR-Ekonomi,CSR-lingkungan, dan CSR-sosial terhadap harga saham perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 45 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi dengan mendapatkan data berupa laporan tahunan perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dilanjutkan uji persyaratan analisis regresi meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji linearitas dan uji multikolinearitas.Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) CSR-Ekonomi yang diukur dengan CSRDIEkonomi dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,463 > 0,05 (2) CSR-Lingkungan dikeluarkan dari model persamaan regresi karena tidak memenuhi uji persyaratan analisis regresi linearitas dan multikolinearitas, di mana nilai signifikansi deviation from linearity < 0,05 yaitu sebesar 0,04 dan tolerance sebesar 0,099 < 0,10 dan VIF sebesar 10,074 > 10,00 sehingga variabel ini memiliki korelasi dengan variabel lain dalam persamaan regresi (3) CSR-Sosial yang diukur dengan CSRDISosial dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,405 > 0,05 (4) CSR-Ekonomi dan CSR-Sosial dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,009 < 0,05. Kata Kunci: Harga Saham, Corporate Social Responsibility, CSR-Ekonomi, CSR-Lingkungan, dan CSR-Sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Apr 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17683

Actions (login required)

View Item View Item