PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN LUDO AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MARDIANA, SUSAN (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN LUDO AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Other
SKRIPSI SUSAN MARDIANA.PDF

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ludo Akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi Aktivitas Belajar Akuntansi, angket Aktivitas Belajar Akuntansi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Aktivitas Belajar Akuntansi, menghitung persentase rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penelitian Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ludo Akuntansi meliputi lima komponen utama yaitu tahap presentasi di kelas, kelompok heterogen, game, tournament, dan rekognisi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ludo Akuntansi dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan di setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 19,29%, berasal dari persentase rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I 69,35% menjadi 88,64% pada siklus II. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Permainan Ludo Akuntansi, Aktivitas Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 21:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17681

Actions (login required)

View Item View Item