MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA KUNCEN I

Khalimah, Nurani (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA KUNCEN I. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
NURANI K.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa secara lisan menggunakan metode bercerita di kelompok B TK ABA KUNCEN I, Wirobrajan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Menggunakan 2 Siklus dengan media (aquarium, daun, buah, piring dan gelas) yang berbeda. Subyek dalam penelitian ini adalah 18 anak pada kelompok B TK ABA KUNCEN I Wirobrajan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif kualitatif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak usia dini kelompok B TK ABA KUNCEN I, kemampuan bahasa yang dapat dicapai yaitu dengan diperolehnya data dari 33,33% pada kemampuan awal sebelum dilakukan tindakan, meningkat menjadi 44,44% pada siklus I dan 94,44% pada siklus II. Hal ini dapat dilihat pada Siklus I anak menceritakan macam-macam ikan dan mengucap syair lagu “tujuh ekor ikan mas”, mengulas kembali yang dilakukan dengan melakukan tanya jawab. Anak juga sudah mampu dalam membedakan macam-macam rasa, menceritakan rasa dari buah jeruk dan pisang, serta mengucapkan syair lagu macam-macam rasa pada siklus II. Kata kunci : Kemampuan Berbahasa Lisan, Metode Bercerita, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item