TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI REMBANG

Surya Adi Prasetya, Adi Prasetya (2012) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI REMBANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Surya-Adi-Prasetya_07601244187.pdf

Download (161MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Kabupaten Rembang menggunakan tes dan pengukuran kebugaran yang menggunakan tes dari EUROFIT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pengukuran kebugaran jasmani dari EUROFIT dan TKJI umur 13-15 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah tunagrahita ringan di SLB Negeri Kabupaten Rembang sebanyak 40 anak. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebugaran jasmani siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Kabupaten Rembang sebagian besar tingkat kebugaran jasmani berada pada kategori kurang sebesar 60 % (24 anak), diikuti kategori sedang sebesar 30 % (12 anak) dan kategori baik sebesar 10 % (4 anak). Maka untuk meningkatkan kebugaran jasmnai, perlu meningkatkan prinsip latihan yaitu proses perubahan ke arah yang lebih baik, diantaranya meningkatkan kualitas fisik, kemampuan fungsional tubuh, dan kualitas psikis seseorang. Semakin tinggi aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari akan semakin baik kebugaran jasmani yang diperoleh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:28
Last Modified: 29 Jan 2019 21:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17670

Actions (login required)

View Item View Item