PERSEPSI SISWA, GURU, DAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DUDI) TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014

SUNARI, SUNARI (2015) PERSEPSI SISWA, GURU, DAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DUDI) TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Sunari 11403244006.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa, Guru, dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014. Komponen yang akan diteliti meliputi kesiapan siswa, kinerja siswa, kinerja guru mata pelajaran produktif, kinerja guru pembimbing, kinerja instruktur Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI), dan manfaat Praktik Kerja Industri bagi sekolah dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUD)I. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Godean dengan subjek penelitian siswa kelas XII jurusan akuntansi sebanyak 94 siswa, guru mata pelajaran produktif akuntansi sebanyak 8 guru, guru pembimbing 15 guru, dan 7 Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kesiapan siswa yaitu 39% kategori baik, persepsi siswa terhadapa kinerja siswa yaitu 34% kategori baik, persepsi siswa terhadap kinerja guru mata pelajaran produktif yaitu 39% kategori cukup, persepsi siswa terhadap kinerja guru pembimbing 41% kategori cukup, persepsi siswa terhadap kinerja instruktur DUDI 51% kategori cukup, dan persepsi siswa terhadap manfaat Praktik Kerja Industri yaitu 47% kategori cukup. Selanjutnya persepsi guru mata pelajaran produktif terhadap kinerjanya yaitu 37% kategori cukup dan persepsi guru pembimbing terhadap kinerjanya yaitu 46% kategori baik. Persepsi DUDI terhadap kinerja siswa yaitu 33% kategori cukup, persepsi DUDI terhadap kinerjanya sebagai instruktur 44% kategori baik, dan persepsi DUDI terhadap manfaat Praktik Kerja Industri yaitu 50% kategori baik. Kata kunci: persepsi, praktik kerja industri, program keahlian akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Apr 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 21:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17661

Actions (login required)

View Item View Item