PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS4 PROFESIONAL BERBENTUK GAME PENDIDIKAN ULAR TANGGA PINTAR UNTUK MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS XI SMKN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

AP MASSRI M KUSUMAWARDHANA, AP MASSRI M KUSUMAWARDHANA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS4 PROFESIONAL BERBENTUK GAME PENDIDIKAN ULAR TANGGA PINTAR UNTUK MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS XI SMKN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ap Massri M K.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

11403241002 Penelitian ini merupakan pengembangan berupa game pendidikan sebagai media pembelajaran yang bertujuan 1) Mengembangkan game pendidikan berbasis komputer. 2) Mengetahui kelayakan game pendidikan Ular Tangga Pintar sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, dan ahli media. 3) Mengetahui penilaian siswa mengenai penggunaan game edukasi Ular Tangga Pintar sebagai media pembelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun penelitian hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diujicoba oleh 32 siswa kelas XI AK 4 SMKN 2 Purworejo. Pengembangan media ular tangga pintar menggunakan aplikasi Adobe Flash CS4 Professional. Hasil penilaian ahli materi mendapat nilai rata-rata 4,17 dengan kategori “Layak”. Hasil penilaian ahli media mendapat nilai rata-rata 4,21 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian pada uji coba yang dilakukan oleh siswa mendapat nilai rata-rata 4,27 dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga game pendidikan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan khususnya pada materi pokok Pasar uang dan Pasar Modal. Kata kunci: Ular Tangga Pintar, Game pendidikan, Media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 28 Apr 2015 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17660

Actions (login required)

View Item View Item