PENERAPAN MODEL “EXPERIENTIAL LEARNING” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS X BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING

Yosi Bayun Mutaqin, Yosi (2015) PENERAPAN MODEL “EXPERIENTIAL LEARNING” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS X BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa melalui model Experiential Learning pada siswa kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah Gamping. Pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Model penelitian ini mengacu pada Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini berjumlah 17 Siswa dalam satu kelas. Objek penelitian ini adalah kemampuan perencanaan karir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala kemampuan perencanaan karir, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dengan dua tindakan, yaitu pemutaran video dan game labirin (maze) berdasarkan tahapan pelaksanaan model experiential learning dari Kolb. Hasil penelitian menujukkan bahwa model experiential learning dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah Gamping. Peningkatan kemampuan perencanaan karir dapat dilihat dari perbandingan hasil pra siklus yang menunjukkan kategori kemampuan sedang dengan skor rata-rata 82,24 poin dan hasil pasca siklus berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 108,2 poin, naik 25,88 poin atau 32, 42% dari kondisi sebelum tindakan dilakukan. Selain itu, peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara terhadap siswa yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam perencanaan karir terlihat dari antusiasme siswa dalam menuliskan tidakan nyata, selain itu semua siswa mengaku terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada kemampuan perencanaan karirnya. Kata kunci : experiential learning, kemampuan perencanaan karir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 28 Apr 2015 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17656

Actions (login required)

View Item View Item