KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES-TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN

Primatama, Sita Ade (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES-TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi SITA ADE PRIMATAMA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman antara yang diajar dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Teams Games-Tournament (TGT) dan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Cooperative Learning tipe Teams Games-Tournament (TGT) dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu metode Cooperative Learning tipe Teams Games-Tournament (TGT) sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman yang berjumlah 190 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengambilan sampel diperolah kelas XI IPA 3 (28 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas IPS 2 (30 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui skor pre-test dan post-test keterampilan membaca bahasa Jerman. Hasil uji validitas instrumen keterampilan membaca menunjukkan 37 dari 45 butir soal valid dan 8 soal dinyatakan gugur. Koefisien reliabilitas sebesar 0,948. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui bobot keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan thitung 4,542 lebih besar dari ttabel 2,009 dengan taraf signifikansi  = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifan adalah 8,2%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 33,071 lebih besar dari kelas kontrol 30,933. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Cooperative Learning tipe Teams Games-Tournament (TGT) efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode cooperative Learning tipe Games-Tournament (TGT), Membaca Bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:58
Last Modified: 29 Jan 2019 21:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17655

Actions (login required)

View Item View Item