UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A2 MELALUI PERMAINAN KECIL DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BANTUL

Mudrikah, Mudrikah (2012) UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A2 MELALUI PERMAINAN KECIL DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
MUDRIKAH.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A2 melalui permainan kecil di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif. Subjek penelitian ini semua anak kelas A2 Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Bantul, yang berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan motorik kasar anak melalui permainan kecil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni panduan observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kecil dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A2 Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Bantul. Hal ini dibuktikan dari hasil kegiatan “menjala ikan” dan “hijau hitam”, di mana pada kegiatan sebelum tindakan anak yang memenuhi unsur cepat 17,65% dan 11,76% dari keseluruhan jumlah anak. Pada tindakan siklus I, anak yang memenuhi unsur kecepatan mencapai 52,94% dan unsur kelincahan 52,94% dari keseluruhan jumlah anak. Pada siklus II anak yang memenuhi unsur kecepatan mencapai 94,12% dan kelincahan 94,12%. Langkah-langkah kegiatan bermain “menjala ikan” dan “hijau hitam” yang efektif dalam hasil penelitian ini adalah: (1)menjelaskan dan meminta pada anak untuk tidak keluar dari garis pembatas, saat berlari menghindar dari kejaran, (2) menggunakan ikat kepala berwarna ”hijau” dan ”hitam” pada setiap kelompok dan menggunakan nomor di dada, untuk menandakan pasangan masing-masing, (3) jarak pembatas untuk berlari ditambah menjadi 3 meter, (4) memberikan kesempatan bermain pada anak melakukan sebanyak 2 kali, dan (5) garis sebagai pemberi tanda atau batas jarak diganti dengan bendera dan dipasang dengan cukup memadai. Kata kunci : kemampuan motorik kasar, permainan kecil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item