Yogo, Eko Prasetyo (2013) SURVEI PENGGUNAAN GAYA MENGAJAR YANG DIGUNAKAN OLEH GURU PENJAS SD NEGERI se-KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
92. Yogo.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Dilihat dari belum adanya data tentang gaya mengajar yang digunakan oleh guru penjas SDN se-Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar apa saja yang sering digunakan guru penjas dalam proses pembelajaran di SDN se-Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini melibatkan 23 guru pendidikan jasmani SDN se- Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten sebagai responden penelitian. Instrumen yang digunakan berupa angket skala dikotomi dari R. Aditya Budi Setiawan (2010) untuk mengetahui gaya mengajar apa saja yang sering digunakan oleh guru pendidikan jasmani SDN se-Kecamatan tulung Kabupaten Klaten. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian deskriptif ini berupa data persentase yang menunjukkan penggunaan gaya mengajar yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani SDN se-Kecamatan Tulung Kabuaten Klaten. Hasil yang diperoleh pada setiap gaya mengajar adalah 79,71% guru menggunakan gaya Komando; 74,78% guru menggunakan gaya Resiprokal; 71,74% guru menggunakan gaya Periksa Diri; 70,65% guru menggunakan gaya Penemuan Terpimpin; 69,56% guru menggunakan gaya Individual; 68,48% guru menggunakan gaya Inisiatif Pelajar; 67,83% guru menggunakan gaya Inklusi; 66,96% guru menggunakan gaya Tugas; 62,61% guru menggunakan gaya Konvergen; 57,61% guru menggunakan gaya Divergen; 54,35% guru menggunakan gaya Mengajar Sendiri. Kata Kunci: Gaya Mengajar, Penggunaan, Guru Penjas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Pendidikan Olahraga FIK |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 08:02 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17649 |
Actions (login required)
View Item |