PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE MATERI POKOK PEMISAHAN CAMPURAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1

ADI, TRI (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE MATERI POKOK PEMISAHAN CAMPURAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSIT1.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis website sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII semester 1 materi pokok pemisahan campuran dan untuk mengetahui kualitas media yang telah dikembangkan sesuai dengan aspek dan kriteria kualitas yang ditentukan berdasarkan penilaian oleh 3 orang pendidik IPA SMP/MTs dan 2 orang pendidik kimia SMA sebagai reviewer. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, dengan cara menggariskan langkahlangkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan dimulai dengan cara mengumpulkan referensi tentang pemisahan campuran dilanjutkan dengan penyusunan rancangan media pembelajaran kimia berbasis website dalam bentuk CD pembelajaran. Media pembelajaran kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, ahli media dan peer reviewer. Masukan yang diberikan selanjutnya menjadi revisi media pembelajaran kimia. Langkah selanjutnya menilaikan media pembelajaran kimia kepada reviewer yaitu 3 orang pendidik IPA SMP/MTs dan 2 orang pendidik kimia SMA. Penelitian pengembangan ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok pemisahan campuran yang telah diketahui kualitasnya. Berdasarkan penilaian 5 reviewer, media pembelajaran kimia berbasis website ini memiliki kualitas yang baik (B). Nilai yang diperoleh adalah 97,2 dengan persentase kualitas 81 %. Sehingga media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelaran mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 27 Apr 2015 07:25
Last Modified: 27 Apr 2015 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17646

Actions (login required)

View Item View Item