TINGKAT KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Deviana Maharani, Deviana (2015) TINGKAT KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Deviana Maharani_09104241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebahagiaan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011 Fakultas Ilmu Pendidikan UNY sebanyak 1025 mahasiswa, dengan sampel dari mahasiswa angkatan 2011 selain subjek penelitian utama banyak 206 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala tingkat kebahagiaan yang dimodifikasi dari Subjective Happiness Scale dan Satisfaction with Life Scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebahagiaan (happiness) pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY berada pada kategori sedang dengan persentase 57,7% atau sejumlah 119 mahasiswa. Dilihat dari aspek afektif, kebahagiaan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY memiliki kategori sedang yaitu 126 mahasiswa atau 61,2% yang terdiri dari 45 (21,8%) mahasiswa laki-laki dan 81 (39,3%) mahasiswa perempuan. Sedangkan berdasarkan aspek kognitif, memiliki kategori sedang, yaitu sebanyak 38 mahasiswa laki-laki atau 18% dan 73 mahasiswa perempuan atau 35%. Kata kunci: kebahagiaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 27 Apr 2015 08:18
Last Modified: 29 Jan 2019 21:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17644

Actions (login required)

View Item View Item