PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BATIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KALIPAKEM II SELOHARJO PUNDONG BANTUL

Martyastuti, Kurnia (2014) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BATIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KALIPAKEM II SELOHARJO PUNDONG BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kurnia Martyastuti 08207241001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter melalui pembelajaran muatan lokal batik dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran muatan lokal batik di SD Muhammadiyah Kalipakem II Seloharjo Pundong Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan V di SD Muhammadiyah Kalipakem II Seloharjo Pundong Bantul. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi tentang kondisi sekolah dan pelaksanan proses pembelajaran muatan lokal batik yang sedang berlangsung, wawancara dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran muatan lokal batik, dokumentasi, dan angket sebagai data tambahan yang diambil 30 dari jumlah peserta didik kelas IV dan V. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Tahapan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal batik terkandung nilai-nilai pendidikan karakter, yang bersumber dari Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional. Pembelajaran muatan lokal batik dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Terdapat 14 nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam pembelajaran muatan lokal batik yaitu religius, rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kreatif, teliti, kerja sama, jujur, cinta tanah air, kesabaran, menghargai prestasi, dan menghargai karya orang lain. Nilai pendidikan karakter tersebut disampaikan melalui metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan pemberian tugas praktek. Pencapaian hasil belajar meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif peserta didik pada nilai-nilai pendidikan karakter. Dengan demikian pendidikan karakter sudah dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kalipakem II Seloharjo Pundong Bantul melalui pembelajaran muatan lokal batik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter dan pembelajaran muatan lokal batik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 27 Apr 2015 07:24
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17638

Actions (login required)

View Item View Item