UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA KECIL MENGGUNAKAN SASARAN BOM AIR DENGAN METODE BERMAIN SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOSARI 1 TURI SLEMAN

Susilawatiningsih, Susilawatiningsih (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA KECIL MENGGUNAKAN SASARAN BOM AIR DENGAN METODE BERMAIN SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOSARI 1 TURI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
89. SUSILAWATININGSIH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melempar bola kecil dengan sasaran bom air pada siswa kelas IV SD Negeri Wonosari I Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dengan dua kali tatap muka dan setiap tatap muka dengan alokasi waktu 105 menit. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan naratif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan melempar bola kecil dengan sasaran bom air melalui metode bermain dapat meningkat. Peningkatan proses pembelajaran meliputi peningkatan pembelajaran guru, peningkatan partisipasi siswa, dan hasil belajar siswa. Target ketuntasan keterampilan melempar bola kecil siswa dalam penelitian ini adalah mencapai nilai KKM 70, tetapi siswa dapat melalui target dari yang diharapkan oleh peneliti yaitu 75%, hal ini dapat dibuktikan dari data awal yang semula hanya mencapai 42,8%. Dengan demikian tindakan pembelajaran keterampilan melempar bola kecil dengan sasaran bom air yang diberikan pada siswa kelas IV SD Negeri Wonosari I Turi dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 27 Apr 2015 06:45
Last Modified: 29 Jan 2019 21:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17628

Actions (login required)

View Item View Item