PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA MELALUI MENGGAMBAR DENGAN CRAYON SESUAI TEMA DI KELOMPOK B TK LKMD KALIPUTIH TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Pertiwi, Isti Puji (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA MELALUI MENGGAMBAR DENGAN CRAYON SESUAI TEMA DI KELOMPOK B TK LKMD KALIPUTIH TAHUN PELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ISTI PUJI P.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Siswa Melalui Menggambar Dengan Crayon Sesuai Tema Di Kelompok B TK LKMD Kaliputih Tahun Pelajaran 2011-2012” bertujuan untuk menguji manfaat menggambar dengan crayon sesuai tema pada siswa Taman Kanak-Kanak LKMD Kaliputih dan hambatan-hambatan yang ditemui selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 kali tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelompok B Taman Kanak-Kanak LKMD Kaliputih yang berjumlah 30 anak. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi foto dan hasil fortofolio. Dilakukan untuk mengetahui proses dan hasil kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu peneliti mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus, meliputi koordinasi mata dan tangan, koordinasi lengan dan jari-jari, ketepatan gerak tangan dan kehalusan gerak tangan. Pada observasi yang dilakukan sebelum tindakan mencapai 13,33%, mengalami peningkatan 13% karena mencapai 26,33% setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan 1, mengalami peningkatan 3,67%, setelah dilakukan tindakan ke 2 karena mencapai 30%, mengalami peningkatan 20% setelah dilakukan tindakan ke 3, karena mencapai 50%, mengalami peningkatan sebesar 3,33% setelah dilakukan tindakan ke 4, karena mencapai 53,33%. Kemudian dari siklus pertama dilanjutkan ke siklus II kembali mengalami peningkatan 19,67%, setelah dilakukan tindakan 1 pada siklus II, karena mencapai 73%, meningkat 3 %, setelah dilakukan tindakan yang ke 2 karena mencapai 76%, ada peningkatan sebesar 7% setelah diadakan tindakan yang ke 3 karena mencapai 83%, kembali mengalami peningkatan sebesar 3%, setelah dilakukan tindakan yang ke 4 mencapai 86%, terjadi peningkatan sebesar 3% dari tindakan sebelumnya. Sedangkan aspek lain yang didapat setelah pelaksanaan pembelajaran ini (1) Siswa lebih tekun mengikuti pembelajaran, (2)Siswa merasa senang dengan model menggambar crayon sesuai tema, dan rasapercaya dalam menggerakkan tangannya. Hambatan antara lain: (1) kesulitan membangkitkan motivasi siswa yang sangat pasif, (2) suara gaduh akibat perdebatan siswa gambar yang dibuautnya, (3) belum adanya kemandirian siswa Kata kunci: kemampuan motorik halus, menggambar dengan crayon sesuai tema, TK LKMD Kaliputih

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item