ISOLASI DAN KARAKTERISASI EKSTRAKS ZAT WARNA KUBIS UNGU (Brassica Oleracea L) SEBAGAI INDIKATOR ALAMI DALAM TITRASI ASAM BASA

Sukmawati, - (2011) ISOLASI DAN KARAKTERISASI EKSTRAKS ZAT WARNA KUBIS UNGU (Brassica Oleracea L) SEBAGAI INDIKATOR ALAMI DALAM TITRASI ASAM BASA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik panjang gelombang zat warna hasil isolasi dari kubis ungu, mengetahui trayek pH kubis ungu yang diisolasi berturut-turut dengan akuades panas, etanol 70% serta mengetahui kecermatan dan keakuratan dari zat warna kubis ungu sebagai indikator alami dalam titrasi asam basa. Sampel dalam penelitian ini adalah kubis ungu (Brassica oleracea L)yang diekstrak dengan pelarut akuades panas dan etanol 70% sebanyak volum tertentu, disimpan dalam botol berwarna gelap dan didiamkan selama 1 malam. Kemudian perubahan warna yang dihasilkan diamati dan larutan diukur panjang gelombang maksimumnya serta absorbansinya dengan spektrofotometer UV-2450, dilakukan uji kecermatan dan keakuratan. Untuk menentukan kecermatan dan keakuratan dilakukan titrasi asam lemah dan basa kuat dengan indikator metil orange (MO), phenolptalein (PP) dan indikator alami kubis ungu pelarut akuades panas dan pelarut etanol 70% pada berbagai variasi volume, masing-masing dilakukan sebanyak 10 kali. Kecermatan (presisi) dinyatakan dengan persamaan standar deviasi (SD), sedangkan Keakuratan dinyatakan dengan % recovery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang gelombang ekstrak kubis ungu dalam 200 mL pelarut etanol 70% menunjukkan puncak-puncak yang lebih tajam dengan perubahan warna dari ungu muda menjadi biru pada pH 7,0-7,8 dibandingkan puncak-puncak pada ekstrak kubis ungu dalam pelarut akuades panas dengan perubahan warna dari biru muda menjadi ungu kebiruan pada pH 7,8-8,6, serta indikator alami kubis ungu dalam pelarut etanol 70% yang digunakan pada titrasi asam lemah basa kuat lebih cermat dari pada indikator MO, PP ataupun indikator kubis ungu dalam pelarut akuades panas dengan nilai standar deviasi (SD) sebesar 0,1225. Indikator kubis ungu dalam 200 mL pelarut akuades panas lebih akurat dari pada indikator MO, maupun indikator PP dengan nilai % recovery sebesar 7,225 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 27 Apr 2015 05:47
Last Modified: 29 Jan 2019 21:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item