UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BESUKI KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO

Bingun, Bingun (2013) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BESUKI KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
82. Bingun_NIM. 10604227009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran lari cepat melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 siswa putri dan 11 siswa putra. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan dan angket, dilakukan oleh peneliti dan kolabolator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari cepat untuk kelas V SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan hasil angket, terlihat aktivitas, sikap dan rasa senang dikategorikan baik, sedangkan hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 60,87% siswa yang mampu melakukan gerakan lari cepat dengan benar, pada siklus 2 meningkat menjadi 78,26% siswa, dan meningkat pada siklus 3, yaitu sebesar 100% siswa yang mampu melakukan gerakan lari cepat dengan benar. Kata kunci: lari cepat, pendekatan bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17594

Actions (login required)

View Item View Item