Pengembangan Media Audio Visual Materi Penduduk Indonesia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam sebagai Sumber Belajar IPS Kelas VII SMP

Kurniawan, Aditya (2015) Pengembangan Media Audio Visual Materi Penduduk Indonesia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam sebagai Sumber Belajar IPS Kelas VII SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 10416244043 Aditya Kurniawan.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media audio visual sebagai sumber belajar materi penduduk Indonesia dan pemanfaatan sumber daya alam untuk sekolah menengah pertama/SMP (2) mengetahui kelayakan media audio visual sebagai sumber belajar IPS berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan tanggapan siswa terhadap sumber media audio visual sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan beberapa tahap meliputi tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan, serta tahap evaluasi yang terdiri dari validasi media dan uji pemakaian media. Teknik pengumpulan data dengan angket diperoleh hasil validasi media oleh satu orang ahli materi, hasil validasi media oleh satu orang ahli media, hasil uji coba terbatas oleh 5 orang siswa dan hasil uji lapangan oleh 31 siswa SMP kelas VII. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan media audio visual. Media audio visual dianggap layak untuk digunakan apabila validasi oleh ahli materi, ahli media, dan uji pemakaian media oleh siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media audio visual melalui 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan, serta tahap validasi media dan uji coba pemakaian media, sehingga dihasilkan produk berupa media audio visual. Kualitas media audio visual dilihat dari validasi ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,0 dengan kategori baik; hasil validasi media oleh ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,15 dengan kategori baik; uji pemakaian terbatas oleh 5 siswa memperoleh rerata skor sebesar 4,64 dengan kategori sangat baik; uji penggunaan media oleh siswa memiliki rerata skor terendah sebesar 3,7 dan rerata skor tertinggi 4,8 serta memiliki rerata skor kelas sebesar 4,28 dengan kategori sangat baik. Dari hasil rerata skor yang diperoleh terlihat bahwa media audio visual layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kualitas yang baik. Kata kunci: media audio visual, sumber belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Apr 2015 03:56
Last Modified: 29 Jan 2019 21:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17577

Actions (login required)

View Item View Item