MOTNASI SISWA BERSEKOLAH DI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Bangkit Yudhoprabowo, Yudo Prabowo (2012) MOTNASI SISWA BERSEKOLAH DI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
BANGKIT YUDHOPRABOWO.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang motivasi siswa kelas khusus olahraga di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa kelas khusus olahraga di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan satu variabel, yaitu: motivasi. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-G yang merupakan siswa kelas olahraga SMA Negeri 4 YogYakarta yang beIjumlah--39 siswa. Pene1itian ini menggunakan total sampel karena mengambi1 data se1uruh siswa kelas X-G kelas khusus olahraga SMA Negeri 4 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Untuk menganalisis data yang terkumpul, penelitian menggunakan teknik deskriptifkuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata yang dipero1eh sebesar 85 yang berada pada rentangan skor antara 36 sampai dengan 136. Dengan hasil keseluruhan sebanyak 7 orang (21,2 %) motivasi siswa masuk kategori sangat tinggi, sebanyak 22 orang (66,4 %) motivasi siswa masuk katagori tinggi, dan sebanyak 4 orang (12,1 %) motivasi siswa masuk katagori sedang. Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik anak mendaftar kelas khusus olahraga di SMA Negeri 4 Yogyakarta berada dalam katagori tinggi yaitu sebanyak 22 orang (66,4%). Dari hasil motivasi intrinsik dari 33 siswa 63,6% motivasi intrinsiknya sangat tinggi dan 36,4% tinggi. Indikator "bakat" merupakan penentu dominan pada motivasi intrinsik. Dan dan hasil motivasi ekstrinsik dari 33 siswa 6,1 % motivasi ekstrinsiknya sangat tinggi, 39,4% tinggi dan 54,5% sedang. Indikator "orang tua" merupakan penentu paling dominan dan motivasi ekstrinsik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 27 Apr 2015 03:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item