PROSES PEMBELAJARAN SENI BATIK DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

-, Fathurrahman (2014) PROSES PEMBELAJARAN SENI BATIK DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fathurrahman 10207244004.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pembelajaran mata pelajaran Seni Batik di SMKN 3 Kasihan Bantul, berbagai tahapan pembelajaran itu meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan hasil pembelajaran. Penelitian terhadap pembelajaran seni batik ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Lukis 1 yang melaksanakan pembelajaran seni batik. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dan diklasifikasikan dengan melakukan penyajian data, reduksi data, dan pada akhirnya ditarik kesimpulan dari data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa; (1) perencanaan pembelajaran dirancang dengan empat standar kompetensi, di antaranya; pengetahuan batik, batik tradisional, membuat batik lukis, dan membuat batik sandang. Namun standar kompetensi membuat batik sandang tidak bisa dilaksanakan sampai tuntas karena waktu yang tidak mendukung, (2) untuk melaksanakan pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan, dan kerja kelompok. Dalam pengembangan motif batik, guru tidak mengintervensi siswa untuk membuat motif tertentu. Dengan demikian, karakteristik karya batik siswa terbentuk secara alami tanpa ada campur tangan dari guru, dan (3) hasil pembelajaran siswa dalam bentuk karya batik lukis terlihat beragam sebab motif yang dikembangkan sangat bervariatif. Sementara itu evaluasi yang dilakukan oleh guru dititikberatkan pada ranah afektif dan psikomotorik, dan tidak dilakukan pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru menunjukkan bahwa terdapat satu siswa yang tidak tuntas karena nilai yang dicapai tidak memenuhi KKM, sedangkan siswa lainnya sudah memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, seni batik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 27 Apr 2015 02:44
Last Modified: 27 Apr 2015 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item View Item