Pengaruh Kinerja Guru, Budaya Sekolah, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SD Negeri Se-Gugus Kenanga di Kecamatan Muntilan

Putrawati, Fitri (2015) Pengaruh Kinerja Guru, Budaya Sekolah, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SD Negeri Se-Gugus Kenanga di Kecamatan Muntilan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-putrawati-12703254007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya sumbangan variabel pengaruh kinerja guru, budaya sekolah, dan perhatian orang tua secara parsial maupun bersama terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Se-Gugus Kenanga di Kecamatan Muntilan. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri Se-Gugus Kenanga di Kecamatan Muntilan yang berjumlah 108 orang. Instrumen pengumpulan data berupa angket, dengan jawaban berskala 1-4, terdiri atas 85 butir. Validitas instrumen meliputi validitas logis (expert judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson Product Moment Correlations. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat sumbangan yang signifikan dari: (1) kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 47% dengan taraf signifikansi (p) < 0,05; (2) budaya sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 52,4% dengan taraf signifikansi (p) < 0,05; (3) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 66,40% dengan taraf signifikansi (p) < 0,05; (4) terdapat sumbangan yang signifikan dari kinerja guru, budaya sekolah, perhatian orang tua secara bersama terhadap prestasi belajar dengan F sebesar 38,742 dengan taraf signifikansi (p) < 0,05. Hal ini berarti jika kinerja guru, budaya sekolah, dan perhatian orang tua ditingkatkan kualitasnya, maka akan berkontribusi positif terhadap prestasi belajar siswa SD N se-Gugus Kenanga di Kecamatan Muntilan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, budaya sekolah, perhatian orang tua, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2015 02:34
Last Modified: 26 Dec 2022 05:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item View Item