Pengembangan Tes Strukturen und Wortschatz I Berbasis Web Mengacu pada Materi Tingkat A1 GER (Gemeinsamer europäischer Referenzrahmen) di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY

Ariyanto, Ardi (2015) Pengembangan Tes Strukturen und Wortschatz I Berbasis Web Mengacu pada Materi Tingkat A1 GER (Gemeinsamer europäischer Referenzrahmen) di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardi-ariyanto-12706251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes Strukturen und Wortschatz I berbasis web mengacu pada materi tingkat A1 GER (Gemeinsamer europäischer Referenzrahmen) sebagai alat evaluasi keberhasilan belajar mata kuliah Strukturen und Wortschatz I, dilihat dari aspek isi (validitas dan reliabilitas soal), aspek tampilan dan aspek sistem di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) Studi Pendahuluan dan Pengumpulan Informasi, (2) Pengembangan Produk, (3) Uji Coba Produk, (4) Revisi Produk, (5) Uji Coba Produk satu-satu dengan Ahli , dan (6) Produk Akhir. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS Universitas Negeri Yogyakarta pada semester gasal 2014/2015. Proses validasi dilakukan oleh dua orang ahli materi dan satu orang ahli media. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I semester gasal 2014/2015. Subjek uji coba terdiri dari: 33 mahasiswa untuk menguji validitas dan reliabilitas produk tes awal, 10 mahasiswa untuk uji coba produk hasil revisi, dan 13 mahasiswa uji coba produk dalam bentuk web. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta kuesioner untuk menghimpun data dari subjek uji coba. Lembar validasi untuk ahli materi meliputi aspek materi, konstruksi/bangunan kalimat dan pilihan bahasa. Lembar validasi untuk ahli media mencakup aspek tampilan dan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian oleh ahli materi diperoleh data: aspek materi diberi skor 3.9, aspek konstruksi diberi skor 4.11, dan aspek bahasa diberi skor 3.83 secara keseluruhan dinilai “baik”, (2) penilaian oleh ahli media diperoleh data: aspek tampilan umum diberi skor 4.3, aspek tampilan soal diberi skor 3.5, dan aspek sistem diberi skor 4.2, secara keseluruhan dinilai ”baik”, dan (3) penilaian oleh subjek uji coba: aspek tampilan umum diberi skor skor 3.64, aspek tampilan soal diberi skor 3.48 dan aspek sistem diberi skor 3.62, secara keseluruhan dinilai ”baik”. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pengembangan tes Strukturen und Wortschatz mengacu pada materi tingkat A1 GER (Gemeinsamer europäischen Referenzrahmen) layak digunakan sebagai alat tes mata kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY. Produk akhir alat tes dikemas dalam bentuk website dengan alamat laman www.pbjermanuny.org dibuat dengan menggunakan template opensource wordpress dan software system tes menggunakan claroline.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Strukturen und Wortschatz, GER
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2015 02:31
Last Modified: 09 Nov 2022 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item View Item