Haryani, Umi (2015) Peningkatan Pembelajaran Senam Aerobik Melalui Metode UMIK Pada Siswa Kelas V a SD Negeri Suryodiningratan 3 Kota Yogyakarta Semester II Tahun 2013/2014. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-umi-hariyani-12711251018.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada pembelajaran senam terutama senam aerobik menggunakan metode UMIK, yang ditandai dengan meningkatnya pencapaian nilai pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas Va di SD Negeri Suryodiningratan 3 Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pertemuan dalam penelitian ini terdiri dua siklus yang terdiri empat kali pertemuan, setiap pertemuan menunjukkan tahapan perkembangan proses pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan pada pembelajaran senam aerobik. Subjek penelitian adalah siswa kelas Va SD Negeri Suryodiningratan 3 Kota Yogyakarta berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket, dan tes keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran senam aerobik menggunakan metode UMIK dapat meningkat, baik dalam semangat, antusiasme siswa, suasana senang bagi siswa, dan meningkatkan nilai siswa berdasarkan data pada Siklus II dengan nilai rata-rata siswa 82,5 meningkat dari nilai rata-rata 70.66 sebelum diberi tindakan. Pada Siklus II, 100% siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 untuk materi senam aerobik pada SD Negeri Suryodiningratan 3 Kota Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, pembelajaran, senam aerobik, metode UMIK |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 02:31 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17555 |
Actions (login required)
View Item |