Pengembangan Modul Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Taman Kanak-kanak

Suyatmin, Suyatmin (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Taman Kanak-kanak. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-suyatmin.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Masih kurangnya materi kesehatan pada Taman Kanak-kanak dapat menghambat guru dalam proses pembelajaran kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat digunakan guru Taman Kanak-kanak dalam pembelajaran kesehatan, serta sebagai tambahan referensi guru Taman Kanak-Kanak tentang Pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi Produk, (10) Produksi Masal. Uji coba skala kecil dilaksanakan di TK Kadipiro 01, Kadipiro , Jumapolo, Karanganyar, TK Kadipiro 02, Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar, dan TK Aisyiyah Jumapolo, Karanganyar. Uji coba skala besar dilaksanakan pada 7 sekolah taman kanak-kanak yaitu: (1). Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 3 Krendowahono, Gondangrejo. (2). TK Dharma Wanita Krendowahono, Gondangrejo. (3). TK Dharma Wanita Dayu, Gondangrejo. (4). TK Sudirman Bulurejo, Gondangrejo. (5). TK Sudirman Wonorejo, Gondangrejo. (6). TK Dharma Wanita Tuban, Gondangrejo. (7). TK Aisyiyah 2 Krendowahono, Gondangrejo. Instrumen pengumpul data penelitian meliputi angket untuk ahli materi, ahli media, dan guru Taman Kanak-kanak. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat pada Taman Kanak-kanak Kelompok B. berdasarkan penilaian para pakar dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat pada Taman Kanak-kanak kelompok B dikatagorikan baik, sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perilaku hidup bersih dan sehat, siswa taman kanak-kanak
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2015 02:31
Last Modified: 09 May 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item View Item