UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO MELALUI MEDIA FOTO

Utari, Melan Listia (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO MELALUI MEDIA FOTO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Melan Listia Utari 10203241034.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman dan sikap peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo melalui media foto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Solusi yang diterapkan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo yang terdiri dari 24 peserta didik. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Langkah-langkah yang disusun dalam penelitian tindakan kelas ini adalah mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, dan merumuskan pemecahan masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan tahap refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Masalah yang teridentifikasi yaitu (1) masih terdapat peserta didik yang memiliki motivasi dan minat yang rendah dalam belajar bahasa Jerman, (2) peserta didik mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman, dan (3) guru dirasa masih sedikit monoton dalam mengajar bahasa Jerman. Tindakan yang diambil dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan media foto dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media foto dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Peningkatan sikap peserta didik dapat dilihat dari motivasi, minat, dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Jerman. Peserta didik menjadi aktif dan kreatif dalam berbicara menggunakan bahasa Jerman. Nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik meningkat. Kenaikan nilai tersebut sebesar 45,28% yaitu dari 7,355 sebelum diberi tindakan menjadi 10,685 setelah diberi tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berbicara, media foto, sma negeri 2 wates
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:55
Last Modified: 29 Jan 2019 21:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17537

Actions (login required)

View Item View Item