KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

Hapsoh Siti, Siti (2014) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Siti Hapsoh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan serta kendala yang muncul.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga guru Administrasi Perkantoran (AP), satu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, satu wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, dan sembilan peserta didik Administrasi Perkantoran. Dalam penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian yaitu 1) kompetensi pedagogik guru belum optimal dikarenakan indikator pada semua sub kompetensi pedagogik belum tercapai yaitu sub kompetensi memahami karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang mendidik, mengembangkan kurikulum, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, berkomunikasi dengan peserta didik, dan melaksanakan evaluasi hasil belajar. 2) Kendala kompetensi pedagogik guru yaitu a) pemahaman karakteristik peserta didik: tiga guru dalam mengatasi peserta didik yang kurang pandai tidak menggunakan remedial, media pembelajaran hanya menggunakan whiteboard, dan terdapat dua guru dalam mengatasi peserta didik yang berselisih belum sesuai dengan tahapan yang ada di dalam teori, b) penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang mendidik: tidak adanya pemberian motivasi kepada peserta didik ketika pembelajaran berlangsung dan guru masih menggunakan metode konvensional khususnya ceramah, c) pengembangan kurikulum: ada guru yang tidak membuat RPP dan ada guru yang menggunakan RPP mahasiswa bimbingannya ketika PPL, d) kegiatan pembelajaran yang mendidik: penggunaan alat bantu mengajar hanya whiteboard, penggunaan sumber belajar yang belum diperbaharui, dan ada salah satu guru ketika marah langsung meninggalkan kelas, e) komunikasi dengan peserta didik: terdapat guru yang tidak menanggapi pertanyaan dari peserta didik, dan guru masih menjadi informan tunggal dalam kegiatan pembelajaran, f) Evaluasi hasil belajar peserta: jenis penilaian yang ada di RPP tidak diterapkan ketika pembelajaran berlangsung dan tidak ada pemberitahuan hasil evaluasi peserta didik. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 27 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item