PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEADAAN EKONOMI KELUARGA TERHDAP HASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Lestari Eka Ayu, Ayu (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEADAAN EKONOMI KELUARGA TERHDAP HASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, (2) pengaruh keadaan ekonomi keluarga terhadap hasil belajar, (3) pengaruh motivasi belajar dan keadaan ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan jumlah 63 siswa. Besarnya sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan teknik simple random sampling diperoleh 55 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha. Uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas, linieritas, dan uji multikolineritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 7 Yogyakarta dengan harga r(x1y) sebesar 0,802 dan r2(x1y) sebesar 0,643 dan harga thitung 9,761 pada taraf signifikansi 5% (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keadaan ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 7 Yogyakarta dengan harga r(x2y) sebesar 0,824 dan r2(x2y) sebesar 0,679, dan harga thitung sebesar 10,582 pada taraf signifikansi 5% (3) terdapat pengaruh yang positif motivasi belajar dan keadaan ekonomi keluarga bersama-sama terhadap hasil siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 7 Yogyakarta dengan koefisien korelasi R(1,2) sebesar 0,866, koefisien determinan R2(1,2) sebesar 0,750, dan harga Fhitung sebesar 78,145 pada taraf signifikansi 5% dengan n= 55. Kata kunci : motivasi belajar, keadaan ekonomi keluarga, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 27 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17520

Actions (login required)

View Item View Item