Purnamaningsih, Tika (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Text
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK.docx Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara : (1) motivasi belajar dan keaktifan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar kimia, (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia jika keaktifan belajar peserta didik dikendalikan, dan (3) keaktifan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar kimia jika motivasi belajar dikendalikan Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI. IPA semester 2 SMA N 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 101 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas secara purposive random sampling dengan jumlah 68 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan motivasi belajar (X1) dan = keaktifan peserta didik (X2) sebagai prediktor dan prestasi belajar kimia (Y) sebagai kriterium. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi Y = 0,015379X1 + 0,055297X2 + 15,091400 dengan harga R_(y(1,2))= 0,178 (p = 0,351). Harga r_(y1-2 )= 0,059 (p = 0,597) dan r_(y2-1 )= 0,122 (p=0,264). Harga sumbangan relatif (SR) dari prediktor X1 = 27,247% dan prediktor X2 = 72,753% sedangkan harga sumbangan efektif (SE) dari prediktor X1 = 0,866% dan prediktor X2= 2,312 % Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) tidak ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar kimia, (2) tidak ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia jika keaktifan belajar peserta didik dikendalikan, dan (3) tidak ada hubungan positif dan signifikan antara keaktifan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar kimia jika motivasi belajar dikendalikan. Kata kunci : motivasi, keaktifan, prestasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 24 Apr 2015 05:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17513 |
Actions (login required)
View Item |