Isolasi dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Pada Fraksi Kloroform Relatif Polar Rimpang Ifunyit Putih (Cureuma mnnggaYal.)

Margono, Narum Yuni (2012) Isolasi dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Pada Fraksi Kloroform Relatif Polar Rimpang Ifunyit Putih (Cureuma mnnggaYal.). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan menentukan karakteristik senyawa metabolit sekunder pada fraksi kloroform relatif polar rimpang kunyit putih(Curcumo mangga Val.). Metode ekstraksi yang digunakan adalah maserasi, Kromatografi Lapis Tipis (KLT), Kromatografi Vakum Cair (KVC) serta Kromatografi Kolom Gravitasi (KKG). Identifikasi senyawa metabolit sekunder dalam fraksi kloroform rimpang kunyit putih (Curcuma mangga Val.) menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan Spektrometer IR. Serbuk kering rimpang kunyit putih(Curcuma mangga Val.) dimaserasi menggunakan metanol teknis selama 24 jam dengan 2 kali pengulangan. Ekstrak metanol dipartisi dengan n-heksana teknis dan sisa partisi n-heksana yaitu fraksi metanol dipartisi dengan kloroform. Fraksi kloroform dievaporasi dan dilakukan pemisahan dengan menggunakan KVC sehingga diperoleh fraksi kloroform relatif polar. Fraksi kloroform relatif polar kemudian dipisahkan lebih lanjut menggunakan KKG sehingga diperoleh senyawa murni. Uji kunurnian dilakukan dengan KLT menggunakan tiga macam campuran eluen yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa murni hasil isolasi yang telah dianalisis menggunaan speklrofotometer UV-Vis memberikan serapan dengan panjang gelombang maksimum pada 208 nm. Spektra IR menunjukkan adanya gugus gugus fungsi C:O karbonil, C-H alifatik, -OH, dan gugus C-O. Senyawa hasil isolasi diuji dengan senyawa demetoksikurkumin standar menggunakan KLT menunjukkan kesamaan Rf. Berdasarkan analisis data UVVis, IR, dan Rf dapat disimpulkan bahwa senyawa hasil isolasi dari rimpang kunyit putih (Curcuma mangga Val.) pada fraksi kloroform relatif polar memiliki kemiripan dengan demetoksikurkumin. Kata Kunci: isolasi, curcuma mangga, demetoksikurkumin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 Apr 2015 04:57
Last Modified: 29 Jan 2019 21:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17511

Actions (login required)

View Item View Item