HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Sari Aida Rahmi, Rahmi (2013) HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta.Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kinerja guru.Penelitian ini menggunakan populasi karena jumlah responden kurang dari 100 orang.Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang berjumlah 37 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 27 guru di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Uji validitas dengan mengggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hubungan motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru digunakan teknik korelasi ganda dilanjutkan dengan analisis regresi ganda. Tingkat signifikan hasil analisis ditentukan sebesar 5%.Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru di SMK Muhammadiyah hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,466>0,325 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 2) Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru di SMK Muhammadiyah hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,554>0,325 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 3) Terdapat hubungan positif antara motivasi kerja dan disiplin kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah yang dibuktikan dari nilai fhitung lebih besar dari ftabel yaitu 11,752>3,28 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Variabel motivasi kerja dan disiplin kerja mempunyai hubungan positif terhadap kinerja guru. Berdasarkan hubungan positif tersebut menginformasikan bahwa makin baik motivasi kerja dan disiplin kerja guru menjadikan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta juga meningkat. Kata kunci : Motivasi, Disiplin, Kinerja guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 27 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17505

Actions (login required)

View Item View Item