PELAKSANAAN REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN SISTEM COMPUTER ASSISTED TEST (CAT) DI BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA KANTOR REGIONAL I YOGYAKARTA

Permana Andi, Andi (2014) PELAKSANAAN REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN SISTEM COMPUTER ASSISTED TEST (CAT) DI BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA KANTOR REGIONAL I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL ANDI PERMANA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional I Yogyakarta, dan menemukan hambatan dalam kegiatan pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil menggunakan sistem CAT di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional I Yogyakarta yang beralamat di jalan Magelang Km 7,5 Yogyakarta. Sebagai informan kunci yaitu Kepala Bagian Informasi Kepegawaian. Sebagai informan pendukung yaitu Kepala Seksi Pengembangan Kepegawaian, Kepala Seksi Penyajian dan Pertukaran Informasi Kepegawaian I, dan Pegawai Pejabat Fungsional Informasi dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, meliputi tiga tahap: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik untuk memperoleh keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini: (1) Pelaksanaan rekrutmen CPNS sistem CAT di BKN Kantor Regional I telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.; (2) Hambatan dalam pelaksanaan rekrutmen CPNS menggunakan sistem CAT di BKN Kantor Regional I Yogyakarta antara lain: faktor-faktor organisasi, kebiasaan para pencari kerja, faktor-faktor eksternal yang bersumber dari lingkungan organisasi bergerak.; (3) Solusi untuk menghadapi hambatan dalam pelaksanaan rekrutmen CPNS menggunakan sistem CAT di BKN Kantor Regional I Yogyakarta antara lain: penyusunan petunjuk teknis oleh Kepala BKN, menyampaikan keluhan peserta tes kepada BKN pusat, pelatihan untuk panitia CAT Kanreg mengenai aplikasi manajemen soal-soal sistem CAT, Instansi yang belum mampu mengadakan rekrutmen CPNS dengan sistem CAT masih diperbolehkan menggunakan sistem Lembar Jawab Komputer (LJK) dalam rekrutmen CPNS tahun 2013. Kata kunci : Rekrutmen CPNS, Computer Assisted Test, Kanreg I BKN Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 27 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

View Item View Item